Berikut ini Daftar Tanaman Obat Asam Urat dan Rematik yang Wajib Diketahui

Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Orang awam kadang-kadang menyebut penyakit ini sebagai encok.



Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Di Indonesia, orang sering salah kaprah menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal rematik adalah istilah umum yang dipakai untuk menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan. Penyakit asam urat hanya salah satu penyebab nyeri pada persendian.

Tanaman Obat asam Urat dan Rematik

1. Daun Salam


Jenis tanaman obat yang pertama yaitu daun salam. Daun salam selain dijadikan bahan pelengkap masakan rupanya memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan salah satunya untuk obat asam urat dan reumatik. Pada daun salam terkandung flavonoid, tannin dan juga minyak atsiri yang dapat menyembuhkan dan juga mencegah penyakit asam urat dan reumatik.

Cara menggunakan daun salam untuk obat asam urat yaitu siapkan sekitar 10 lembar daun salam lalu rebus daun salam kemudian tambahkan batang serai pada rebusan daun salam. Setelah kadar air mulai berkurang, angkat rebusan lalu biarkan hingga dingin. Setelah dingin minumlah air rebusan tersebut sebanyak 1 gelas dalam sehari. Rebusan daun salam merupakan salah satu jenis minuman untuk asam urat.

2. Akar Pepaya Gantung

Obat ini memang lebih dikhususkan untuk penyakit rematik, caranya yaitu dengan menyediakan 5 potong akar pepaya. Kemudian cuci hingga bersih, untuk ukurannya yaitu sekitar jari. Setelah itu, potong kecil-kecil dan tambahkan 3 sendok makan lengkuas yang sudah dihaluskan.

Rebus bahan-bahan tersebut dengan

menggunakan 4 gelas air, rebus hingga tersisa 3 gelas. Tambahkan pula gula aren, sedikit saja. Ramuan ini dapat diminum sehari 3 kali dan dalam sekali minum sekitar setengah gelas.

3. Sambiloto

Kandungan yang luar biasa dari sambiloto dapat anda dapatkan saat anda mengonsumsi sambiloto sebagai obat asam urat. Khasiat sambiloto hampir sama dengan daun-daunan lain yang dapat menyembuhkan asam urat seperti daun sirsak, daun kelor ataupun daun serai. Khasiat-khasiat herbal ini sangatlah berguna bagi tubuh anda.
  • Ambil beberapa tanaman sambiloto yang masih segar.
  • Bersihkan tanaman-tanaman tersebut dengan air bersih.
  • Rebus tanaman sambiloto dengan 300ml air (1 gelas) hingga mendidih.
  • Jika sudah mendidih, saring hasil rebusan sambiloto dan tunggu hingga dingin
  •  Minum air ekstrak sambiloto secara rutin dan rasakan manfaatnya.


4. Kumis Kucing

Kumis kucing sangat dipercaya dapat mengatasi berbagai jenis penyakit, salah satunya khasiat daun kumis kucing untuk asam urat. Kandungan orthosiphonin glikosida dan juga diuretik, kandungan tersebut mempunyai manfaat untuk merangsang pengeluaran zat asam urat yang dikeluarkan melalui urine.

Cara penggunaan kumis kucing yaitu dengan mencuci kumis kucing hingga bersih, lalu rebus dan campurkan dengan garam dan juga gula.

Selain itu dapat dikombinasikan dengan sawi tanah kering, meniran kering, jahe merah dan juga kapulaga kering. Caranya yaitu geprek jahe merah lalu cuci semua bahan hingga bersih setelah dicuci dengan bersih campurkan semua bahan lalu rebus. Biarkan air hingga mendidih lalu angkat rebusan dan dinginkan. Minuman herbal kumis kucing pun sudah dapat dikonsumsi 3 kali sehari dengan takaran 150ml.

5. Brotowali

Jenis tumbuhan yang terakhir yaitu brotowali. Brotowali mempunyai rasa yang pahit akan tetapi memberikan rasa sejuk. Bagian batang brotowali dapat menyembuhkan asam urat dan juga rematik hal ini dikarenakan pada batang brotowali terkandung alkaloid, glikosida, dammar lunak, harsam berberin, dll.

Cara penggunaan brotowali untuk asam urat yaitu dengan merebus batang kering brotowali, rebus hingga air menyurut lalu tiriskan hingga dingin dan minuman brotowali sudah dapat dikonsumsi.

Demikianlah pokok bahasan Artikel ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami Artikel ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak. Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi, Penulis menyadari Artikel ini masih jauh dari sempurna, Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar Artikel ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

0 Response to "Berikut ini Daftar Tanaman Obat Asam Urat dan Rematik yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel