Sering Kurang Tidur, Seorang Binaragawan Mengalami Stroke

Seorang binaragawan berusia 37 tahun yang biasa dikenal JZ Fitness, baru-baru ini harus mengalami kejadian menyedihkan karena penyakit stroke. Hal ini tentu saja mengejutkan banyak orang.

Bagaimana tidak, seorang instruktur kebugaran asal Taiwan yang cukup populer dan terlihat sehat ternyata bisa mengalami penyakit yang berbahaya bagi kondisi tubuh.

Hal ini terungkap pada unggahan sang istri melalui akun Facebook pribadi miliknya. Keduanya adalah pasangan yang terkenal memiliki tubuh bugar dan sehat. Tidak hanya itu, pasangan suami istri ini juga sering menghadiri dan mengadakan kelas kebugaran bersama.

Namun, fakta bahwa memiliki pola hidup sehat dengan gemar berolahraga saja ternyata tidak cukup. Diketahui bahwa salah satu faktor penyebab JZ terkena stroke adalah karena kurangnya waktu tidur.

Lantas seperti apa ya kronologis serta tanggapan dokter pada kasus ini? Berikut Popmama.com telah merangkumnya, lengkap dengan bahaya kurang tidur bagi tubuh yang perlu kamu ketahui.

Disimak baik-baik, yuk!

1. Kronologis kejadian
Kejadian menyedihkan yang dibagikan oleh istri JZ melalui akun Facebook pribadi miliknya terjadi pada 13 September 2019 lalu.

Istri JZ yang biasa dikenal dengan JZ mom ini mengatakan bahwa perayaan festival pertengahan musim gugur tahun ini berbeda bagi keluarganya.

Suatu pagi JZ mom mengatakan saat dirinya mengetahui suaminya ingin tidur siang setelah mengantar putra mereka ke sekolah, ia mendapati suaminya pingsan di lantai karena terserang stroke.

"Untungnya, saya belum keluar rumah dan masuk ke dalam kamar. Saya menemukan suami saya terbaring dan langsung membawa ke rumah sakit tepat waktu. Dokter mengatakan ada emboli otak, sehingga butuh lebih banyak waktu untuk perawatan," tulis JZ mom.

2. Penjelasan dokter terkait masalah tersebut
“Kami berpikir bahwa kami sangat sehat karena kami sering berolahraga, masih muda dan menjalani pemeriksaan tahunan. Namun, dia sering tidur larut malam sekitar jam 3 pagi ketika dia sibuk dengan pekerjaannya dan kemudian bangun jam 6 pagi. Pada siang hari, ia akan tidur siang, tetapi biasanya tidurnya kurang dari enam jam sehari," ungkap JZ mom.

Menanggapi kasus tersebut, dokter mengatakan bahwa kurang tidur yang dialami JZ merupakan salah satu faktor penyebab JZ terkena stroke. Selain itu, setelah melalui perawatan selama satu minggu di rumah sakit, dokter menemukan faktor kemungkinan lain.

Statistik kesehatan JZ sebenarnya baik-baik saja, tetapi terungkap bahwa di pihak sang Mama, mereka memiliki masalah hiperkoagulasi, yang berarti bahwa pembekuan darah mudah bagi mereka.

Jadi faktor gen juga mempengaruhi stroke yang JZ alami.

3. Bahaya kurang tidur bagi tubuh
Ketika kurang tidur menjadi pemicu terjadinya stroke, sekarang saatnya kamu mengetahui bahaya apa saja ketika tubuh kurang waktu istirahat.

Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur yaitu tujuh hingga delapan jam dalam sehari. Waktu tidur yang cukup dan berkualitas ini membantu kamu lebih segar dan siap menjalani aktivitas keesokan harinya.

Sayangnya, banyaknya kegiatan yang dijalani atau gaya hidup yang buruk bisa membuat seseorang menjadi kurang tidur.

Berikut adalah beberapa akibat kurang tidur yang bisa terjadi, antara lain:

1. Memicu diabetes

Efek kurang tidur ternyata dapat memicu respon stres pada tubuh sehingga terjadinya pelepasan hormon kortisol dan norepenepherine yang berhubungan dengan resistensi insulin. Kondisi inilah yang memengaruhi hormon dalam tubuh yang mengontrol nafsu makan.

2. Stroke

Bahaya kurang tidur juga bisa menurunkan kinerja jantung sehingga membuat aliran darah menuju otak menjadi terhambat dan akhirnya memicu terjadinya stroke.

3. Tekanan darah tinggi

Jika kamu tidakmencukupi jam tidur sesuai aturannya, maka akan terjadi peningkatan tekanan darah sistolik dan bisa menggangu aktivitas sehari-hari. Hal inilah yang memicu tekanan darah tinggi.

4. Memicu gangguan jantung

Kurang tidur juga bisa menurunkan proses metabolisme dan meningkatkan tekanan darah, hal ini bisa membuat proses kerja jantung menjadi terganggu.

5. Mengganggu kemampuan otak

Akibat kurang tidur dalam waktu yang sangat lama juga bisa  mengganggu kemampuan berpikir dan menerima informasi, pada akhirnya bisa menggangu fokus seseorang ketika beraktivitas, bahkan membuat seseorang mudah lupa.

6. Menimbulkan depresi

Ketika kamu kurang tidur, maka akan mempengaruhi hormon yang mengatur suasan hati, sehingga kemungkinan akan terjadinya depresi karena suasana hati yang selalu berubah-ubah. Selain itu, kurang tidur juga meningkatkan reaksi antisipatif pada pusat emosional otak, yang bisa menyebabkan rasa cemas meningkat.

7. Lebih mudah terserang penyakit

Kurang tidur ternyata bisa membuat produksi sitikon berkurang. hal ini akan menyebabkan menurunnya kemampuan sistem kekebalan tubuh dan kinerja sel dalam memerangi infeksi.

Hal ini tentu saja akan berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dan kecepatan proses kesembuhan secara alami.

Nah, itulah beberapa permasalahan yang akan timbul akibat kurangnya istirahat yang cukup.

Meskipun kamu adalah seorang yang gemar berolahraga dan memiliki tubuh bugar, kamu penting memeprhatikan pola jam tidur yang cukup. Hal ini agar kamu terhindar dari risiko-risiko yang sudah disebutkan.

Yuk, ubah pola hidup lebih sehat dan cukupi jam istirahat kamu.
Demikianlah pokok bahasan Artikel ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami Artikel ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak. Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi, Penulis menyadari Artikel ini masih jauh dari sempurna, Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar Artikel ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

0 Response to "Sering Kurang Tidur, Seorang Binaragawan Mengalami Stroke"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel